Monday, June 7, 2010

AL ASMA’UL HUSNA – 99 NAMA-NAMA ALLAH

(51) AL HAQQU

YANG MAHA BENAR

Allah Yang Maha Besar dan tetap ada dalam Kebenaran-Nya

“Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang Sebenarnya, tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia. At Mu’minun (23) : 116

YAA HAQQU

Bila amalan “Yaa Haqqu” dibaca sebanyak-banyaknya setiap malam, insya Allah kita akan senantiasa tetap taat kepada Allah,


(52) AL WAKIIL

YANG MAHA PEMELIHARA

Dia yang memberikan kemampuan untuk mengatasi segala masalah kita dengan cara yang sebaik-baiknya.

“(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu. Al An’am (6) : 102.

YAA WAKIIL

Dzikir “Yaa Wakiil” mempunyai fadhilah meredakan hujan lebat yang disertai badai topan. Selain itu wiridan ini insya Allah akan membukakan pintu rezeki dan kebaikan kepada kita, jika dibaca 1000 kali.


(53) AL QAWIYYU

YANG MAHA KUAT

Dia Yang Maha Kuat dan tidak pernah terkena rasa lelah.

“(Yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alas an yang benar, kecuali karena mereka berkata : “Tuhan kami hanyalah Allah”, Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain-lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat Yahudi dan masjid-masjid, yang didalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong (agama-Nya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. All Hajj (22) : 40."

YAA QAWIYYU

Dalam keadaan lemah jasmani dan rohani, bila membaca “Yaa Qawiyyu dan Yaa Matiinu” sebanyak 100 kali setiap malam, insya Allah Tuhan berkenan mengembalikan kekuatan kita. Selain itu bila kita diperlakukan secara zalim oleh orang lain, dzikir yang sama akan memusnahkan perbuatan zalim itu.


(54) AL MATIIN

YANG MAHA KOKOH

Allah SWT Maha Hebat kemampuan-Nya serta Maha Teguh keputusan-Nya.

“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. Adz Dzariyat (51) : 58”.

YAA MATIIN

Bila kita sedang ada dalam kesulitan, dengan melakukan dzikir “Yaa Matiin” sebanyak-banyaknya yang disertai keikhlasan hati, maka insya Allah kesulitan itu akan lenyap.


(55) Al WALIYY

YANG MAHA MELINDUNGI

Allah SWT yang senantiasa melindungi hamba-hamba-Nya.

“Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal didalamnya. Al Baqarah (2) : 257”.

YAA WALIYYU

Barangsiapa yang rajin berdzikir “Yaa Waliyyu” akan senantiasa ada dalam lindungan-Nya. Insya Allah.


(56) AL HAMIID

YANG MAHA TERPUJI

Dia adalah tumpuan puja dan puji makhluk-Nya.

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Al Baqarah (2) : 267.”

YAA HAMIID

Dzikir “Yaa Hamiid” merupakan dzikir utama untuk mempersembahkan puja dan puji kehadirat Allah SWT atas segala keagungan-Nya. Mereka akan membiasakan dzikir ini setiap hari, akan menjadi orang yang bermoral tinggi dan terpuji, sehingga insya Allah akan senantiasa dihargai dan dikasihi sesama.


(57) AL MUHSHII

YANG MAHA MENGHITUNG


Dia yang mengetahui jumlah dan ukuran apapun serta mengenalnya.

“Supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya, sedang (sebenarnya) ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka, dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu. Al Jin (72) : 28".

YAA MUHSHII

Mereka yang biasa mengulang-ulang menyebut Asma ini insya Allah akan memperoleh kemudahan pada Hari Perhitungan (Hari Kiamat).


(58) AL MUBDI’

YANG MAHA MEMULAI

Dia yang menciptakan makhluk-makhluk-Nya sehingga ada tanpa mencontoh.

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Al Ankabuut (29) : 19”.

YAA MUBDI’

Dzikir “Yaa Mubdi’” yang dilakukan sebanyak 470 kali setiap hari dengan khusyuk, insya Allah atas karunia-Nya akan membuat hati dan pikiran menjadi jernih, cerdas dan kreatif, sehingga terbuka rahasia ilmu dan hikmah.


(59) AL MU’IID

YANG MAHA MENGEMBALIKAN


Allah SWT mengatur daur kehidupan makhluk-makhluk-Nya; tidak ada – hidup – mati – hidup kembali.

“Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi dilangit dan dibumi, dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Ar Rum (30) : 27.”

YAA MU’IID

Bila dzikir “Yaa Mu’iid” diucapkan 124 kali tiap selesai shalat lima waktu atau sekaligus 1240 kali diwaktu malam, maka insya Allah anggota keluarga yang pergi dari rumah akan kembali dengan selamat.


(60) AL MUHYII

YANG MAHA MENGHIDUPKAN


Dia adalah Dzat Yang Hidup dan Menghidupkan.

“Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi yang sudah mati. Sesungguhnya (Tuhan yang berkuasa seperti) demikian benar-benar (berkuasa) menghidupkan orang-orang yang telah mati. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ar Rum (30) : 50.”

YAA MUHYII

Barang siapa yang membiasakan melakukan dzikir “Yaa Muhyii” setiap hari, maka Allah SWT berkenan menghidupkan hatinya, memuliakan martabatnya didunia dan di akhirat. Insya Allah.






No comments: