Sunday, May 16, 2010

AL ASMA’UL HUSNA – 99 NAMA-NAMA ALLAH

(1)AR RAHMAAN

YANG MAHA PEMURAH

Allah SWT itu Maha Pemurah kepada segala makhluk-Nya yang Kemahamurahan-Nya itu tidak terhitung lagi.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta alam Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Al Fatihah (1) : 1-3”

YAA RAHMAAN

Jika berdzikir dengan membaca “Yaa Rahmaan” sebanyak 500 kali sehabis sholat lima waktu, serta memahami dan menghayati makna Asma-Nya itu akan menuntun kita bersifat kasih saying dan pemurah. Dengan perangai demikian, atas izin Allah, hati menjadi terang dan tikda pelupa. Insya Allah.


(2)AR RAHIIM

YANG MAHA PENGASIH

Allah SWT Maha Pengasih kepada setiap manusia yang beriman, baik didunia maupun di akhirat.

“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Al Baqarah (2) : 163.”

YAA RAHIIM

Ar Rahiim mengandung isyarat halus bagi manusia agara bersifat kasih saying. Dengan mewiridkan “Yaa Rahiim” 100 kali setiap hari, maka orang lain akan menyayangi dan memberi kemudahan kepada kita, atas izin Allah SWT. Insya Allah.


(3)AL MALIK

RAJA MAHA BERKUASA


Allah SWT adalah dzat yang Maha Berkuasa, Maka Pencipta dan Menjaga Hukum-Hukum-Nya atas alam semesta.

“Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya, tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan yang mempunyai Arsy yang mulia. Al Mu’minun (23) : 116”

YAA MALIK

Dengan berdzikir “Yaa Malik” sebanyak 121 kali setiap pagi atau setelah tergelincir matahari, maka dengan izin Allah kita akan senantiasa dihargai orang secara wajar serta hidup berkecukupan. Insya Allah.


(4)AL QUDDUS

YANG MAHA SUCI


Allah SWT adlaah dzat yang Mahasucia dari segala noda, sifat rendah, sifat baharu dari makhluk-makhluk-Nya, dan Mahasuci pula dari segala perkiraan orang-orang yang sesat, kafir, musyrik dan munafik.

“Telah bertasbih kepada Allah apa yang ada dilangit dan apa yang ada dibumi, Raja Yang Mahasuci, Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana. Al Jum’ah (62) : 1.”

YAA QUDDUS

Bila kita membaca lafazh “Yaa Quddus” sebanyak 100 kali setiap hari setelah tergelincir matahari, insyaa Allah hati kita bersih dan suci dari rasa sombong, serakah, iri hati, dengki dan sebagainya. Insya Allah.


(5)AS SALAAM

YANG MAHA SEJAHTERA


Allah SWT adalah segala sumber kesejahteraan dan Dia Maha Pembuat Kesejahteraan bagi makhluk-Nya. Dzat-Nya adalah Yang Maha Sejahtera dari segala marabahaya yang biasa menimpa makhluk-Nya.

“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Maha sejahtera, Yang Maha mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha kuasa, Yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Al Hasyr (59) : 23”

YAA SALAAM

Rasulullah s.a.w. setelah shalat fardhu selalu membaca Istighfar 3 kali, lalu membaca “Allaahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta Rabbanaa wa ta’aalaita yaa Dzal jalaali wal ikraam”. (H.R. Muslim).

Bila kita membaca “Ya Salaam” sebanyak 136 kali, maka insya Allah penyakit-penyakit yang kita derita akan sembuh. Demikian pula bila kita mengunjungi orang sakit dan membaca “Yaa Saalam” sebanyak 136 kali, insya Allah akan membantu kesembuhannya.


(6)AL MU’MIN

YANG MENGARUNIAKAN KEAMANAN


Allah SWT memberikan karunia keamanan kepada makhluk-Nya, karena Dia adalah Dzat yang menjadi sumber keamanan dan ketentraman itu. Demikian juga Dia adalah Dzat yang membenarkan Rasul-rasul-Nya dengan memberikan mukjizat yang merupakan bukti kebenaran mereka. Di samping itu Allah SWT memenuhi janji-janji-Nya yang diikrarkan kepada hamba-hamba-Nya serta yakin bahwa perbuatan-Nya itu baik dan benar.

“Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha suci, Yang Maha sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha perkasa, Yang Maha kuasa, Yang memiliki Segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Al Hasyr (59) : 23”

YA MU’MIN

Jika kita mengharapkan agar diri kita, keluarga dan harta benda kita aman dari segala gangguan, maka bacalah lafazh “Yaa Mu’min” setiap hari sebanyak 136 kali. Dengan memahami dan menghayati Asma ini, kita diharapkan mendidik diri sendiri serta berusaha mengamankan diri dan lingkungan dari perbuatan-perbuatan jahat. Insya Allah.


(7)AL MUHAIMIN

YANG MAHA MEMELIHARA

Allah SWT adalah yang mengatur dan memelihara serta menentukan rezeki, kehidupan dan umur makhluk-Nya. Dia juga mengawasi dan melindunginya.

“Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha suci, Yang Maha sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha perkasa, Yang Maha kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Al Hasyr (59) : 23.”

YA MUHAIMIN

Segala gerak-gerik kita senantiasa mendapat pengawasan Allah SWT. Dengan banyaknya menyebut Asma “Yaa Muhaimin” kita senantiasa ada dalam pemeliharaan-Nya, hati menjadi bersih dan terang.


(8)AL ‘AZIIZ

YANG MAHA PERKASA


Allah SWT mempunyai kedudukan Maha tinggi, Maha mulia dan Maha perkasa. Dia adalah dzat yang memberikan kekuatan dan ketangguhan yang dengan kekuatan dan ketangguhan-Nya itu mampu menguasai dan mengungguli seluruh jagat raya.

“Dan tak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Ali Imran (3) : 62”

YAA ‘AZIIZ

Siapa yang membaca “Yaa Aziiz” 40 kali setiap sehabis shalat subuh selama 40 hari, insyaa Allah akan senantiasa mendapat pertolongan Allah dalam kehidupannya.


(9)AL JABBAAR

YANG KEHENDAKNYA TIDAK DAPAT DIINGKARI


Asma ini menunjukkan sifat Allah SWT yang kehendak-Nya tidak dapat diingkari oleh makhluk-Nya.

“Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha suci, Yang Maha sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha perkasa, Yang Maha kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Al Hasyr (59) : 23.”

YAA JABBAAR

Bila kita membaca “Yaa Jabbaar” sebanyak 226 kali setiap pagi dan sore hari, maka insya Allah orang-orang yang memusuhi kita tidak berdaya terhadap kita serta mereka akan tunduk kepada kita serta mereka akan tunduk kepada kita dengan pertolongan Allah SWT.


(10)AL MUTAKABBIR

YANG MEMILIKI KEBESARAN

Allah SWT adalah pemilik segala Kebesaran Yang Maha tinggi dan segala makhluk-Nya menjadi tidak berarti di hadapan-Nya.

“Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha suci, Yang Maha sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha perkasa, Yang Maha kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Al Hasyr (59) : 23.”

YAA MUTAKABBIR

Mereka yang banyak membaca “Yaa Mutakabbir” akan diunggulkan dari musuh-musuh mereka. Juga bila dibaca sewaktu akan melakukan persetubuhan antara suami-istri, maka Allah SWT akan memberi karunia anak yang saleh. Insya Allah.

No comments: