Monday, May 24, 2010

AL ASMA’UL HUSNA – 99 NAMA-NAMA ALLAH

(21)AL BAASITH

YANG MAHA MELAPANGKAN


Dia yang mampu melapangkan rezeki dan memberi kemudahan-kemudahan hidup.

“Dan apakah mereka tidak mempehatikan bahwa sesungguhnya Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan (rezeki itu). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman. Ar Rum (30) : 37.”

YAA BAASITH

Mereka yang berdzikir “Yaa Baasith” sebanyak 10 kali setiap selesai shalat sunnah Dhuha, insya Allah akan dikaruniakan rezeki yang tak berkeputusan serta senantiasa ditambah Tuhan ilmunya.


(22) AL KHAAFIDH

YANG MERENDAHKAN


Allah SWT mampu merendahkan martabat makhluk-Nya sesuai yang dikehendaki-Nya.

“Rasulullah s.a.w. bersabda :Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama. Barangsiapa menghitungnya (membacanya satu per satu dengan hafalan), ia akan masuk surga. Dia-lah Allah yang tidak Tuhan melainkan Dia : …………… Yang Merendahkan-Yang Meninggikan-Yang Maha Memuliakan-Yang Maha Menghinakan-Yang Maha Dengar-Yang Maha Melihat-Yang Maha Menetapkan-Yang Maha Adil-Yang Maha Penyantun…….. (Riwayat Turmudzi dari Abi Hurairah).

YAA KHAAFIDH

Mereka yang menyebut-nyebut asma ini sebanyak 500 kali dengan hati yang khusyuk dan tawadhdhu’, insya Allah akan terlindung dari perbuatan-perbuatan jahat yang ditujukan pada diri mereka, serta akan senantiasa dikabulkan Tuhan maksud-maksud mereka.


(23) AR RAAFI’

YANG MENINGGIKAN


Allah SWT mampu meninggikan martabat makhluk-Nya sesuai yang dikehendakinya.

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan berapa derajat. Al Mujaadilah (58) : 11.”

YAA RAAFI’

Allah SWT akan meninggikan martabat, menjadikan kehidupan yang berhasil, jika kita senantiasa berdzikir “Yaa Raafi’” sebanyak 100 kali setiap hari. Insya Allah.


(24) AL MU’IZZ

YANG MAHA MEMULIAKAN


Allah SWT mampu menjadikan mahkluk-Nya mulia, luhur, terhormat sesuai yang dikehendaki-Nya.

“Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki, ditangan Engkaulah segala kebajikan. Ali Imran (3) ; 26”

YAA MU’IZZ

Dengan izin Allah mereka yang berdzikir “Yaa Mu’izz” sebanyak 140 kali setiap selesai shalat Isya pada malam Selasa dan malam Jumat terus-menerus , akan dihormati orang lain serta tidak merasa takut kepada siapa pun selain Allah. Insya Allah.


(25) AL MUDZILL

YANG MAHA MENGHINAKAN


Allah SWT mampu menjadikan mahkluk-Nya rendah, hina-dina sesuai yang dikehendaki-Nya.

“Katakanlah : “Wahai Tuhan Yang Mempunyai Kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan Engkaulah segala Kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ali Imran (3) : 26”.

YAA MUDZILL

Dengan izin Allah mereka yang berdzikir “Yaa Mudzill” sebanyak 75 kali terus menerus akan terhindar dari perbuatan jahat dan menghinakan mereka, serta senantiasa akan mendapat perlindungan-Nya. Insya Allah.


(26) AS SAMII’

YANG MAHA MENDENGAR


Allah SWT Maha Mendengar, Dia mendengar suara hati bahkan yang lebih halus dari itu.

“Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ali Baqarah (2) : 127”.

YAA SAMII’

Mereka yang setiap hari Kamis setelah shalat Zohor berdzikir “Yaa Samii” sebanyak 100 kali yang dilakukan secara diam-diam tanpa memberitahu orang lain, insya Allah akan dikabulkan Tuhan permohonannya.


(27) AL BASHIIR

YANG MAHA MELIHAT

Allah SWT melihat seluruh makhluk-Nya sampai yang sehalus-halusnya dan serahasia-rahasianya.

“Dialah yanga menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; Kemudian Dia bersemayam diatas ‘arasy Dia mengetahui apa yang masuk kedalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersamamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. Al Hadiid (57) : 4”

YAA BASHIIR

Allah SWT akan membuka fikiran dan hati serta meninggikan martabat dan kehormatan mereka yang berdzikir “Yaa Bashiir” sebanyak 100 kali sebelum shalat Jumat, insya Allah.


(28) AL HAKAM

YANG MAHA MENETAPKAN

Allah SWT memberi keputusan yang tepat atas segala perkara.

“Maka Allah akan mengadili diantara mereka pada hari kiamat tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya. Al Baqarah (2) : 113”

YAA HAKAM

Mereka yang berdzikir “Yaa Hakam” sebanyak-banyaknya pada tengah malam, insya Allah akan dikarunikan pengetahuan mengenai rahasia-rahasia dan hikmah ilmu agama.


(29) AL LATHIIF

YANG MAHA PENYANTUN

Allah Yang Mahahalus dan Penyantun mengurus makhluk-makhluk-Nya dengan cara halus sehingga tidak terasa, mengetahui barang-barang yang sehalus-halusnya, Dzat-Nya Mahahalus sehingga tak dapat dikirakan dan dibayangkan.

“(Luqman berkata) : Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau dilangit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Maha Mengetahui. Luqman (31) : 16”.

“Apakah Allah Yang Menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Mahahalus lagi Maha Mengetahui ?. Al Mulk (67) : 14.”

“Allah Mahalembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Mahakuat lagi Mahaperkasa. Asy Syuura (42) : 19”.

YAA LATHIIF

Allah SWt akan mengabulkan permohonan hamba-hamba-Nya yang berdzikir “Yaa Lathiif” sebanyak 100 kali setelah selesai shalat sunnat. Insya Allah.


(30) AL ‘ADL

YANG MAHA ADIL

Allah SWT mengatur setiap perkara dengan Maha Adil-Nya.

“Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh) mu seimbang. Al Infithar (82) : 7”.

YAA ‘ADL

Mereka yang berdzikir “Yaa ‘Adl” sebanyak 104 kali setiap selesai shalat lima waktu, insya Allah akan dikaruniai sifat adil serta akan diperlakukan adil oleh orang lain.













No comments: