Sunday, May 30, 2010

AL ASMA’UL HUSNA – 99 NAMA-NAMA ALLAH

(31) AL KHABIIR

YANG MAHA MENGETAHUI

Dia yang Maha Mengetahui setiap rahasia serta memahami maknanya.

“Hendaklah setiap diri mempehatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui (Maha Waspada) apa yang kamu kerjakan. Al Hasyr (59) : 18.”

YAA KHABIIR

Dengan izin Allah SWT mereka yang berdzikir “Yaa Khabiir” sebanyak-banyaknya akan terhindar dari perbuatan orang zalim, serta akan diperbaiki sifat dan kebiasaan mereka sendiri yang buruk.


(32) AL HALIIM

YANG MAHA PENYANTUN

Allah SWT Maha Penyantun, tidak cepat menjatuhkan hukuman kepada orang-orang berdosa.

“Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksudkan (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) dalam hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. Al Baqarah (2) : 225.”

YAA HALIIM

Mereka yang berdzikir “Yaa Haliim” sebanyak-banyaknya setiap hari setelah shalat lima waktu, dengan izin Allah akan terhindar dari bencana alam serta dikokohkan kedudukannya dalam masyarakat.


(33) AL ‘AZHIIM

YANG MAHA AGUNG


Allah Maha Besar Kemuliaan-Nya segala urusan ada dalam kuasa-Nya.

“Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya) tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan dibumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at disisi Allah tanpa izin-Nya ?. Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Al Baqarah (2) : 255.”

YAA ‘AZHIIM

Mereka yang membiasakan berdzikir “Yaa ‘Azhiim” sebanyak-banyaknya setiap hari insya Allah akan senantiasa dihormati dan dimuliakan setiap orang serta akan dilimpahkan Tuhan karunia yang tidak putus-putusnya.


(34) AL GHAFUUR

YANG MAHA PENGAMPUN

Dia Yang Maha Pengampun kepada makhluk-makhluk-Nya.

“Katakanlah : “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Ali Imran (3) : 31.”

YAA GHAFUUR

Allah SWT akan melenyapkan kesukaran-kesukaran dan akan mengampuni dosa mereka yang bertaubat, bila mereka berdzikir “Yaa Ghafuur” sebanyak-banyaknya setiap malam. Insya Allah.


(35) ASY SYAKUUR

YANG MAHA PEMBALAS JASA

Allah SWT Maha Pembalas Jasa perbuatan-perbuatan baik hamba-Nya.

“Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan (pembalasannya) kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. At Taghaabun (64) : 17.”

YAA SYAKUUR

Dengan izin Allah SWT mereka yang berdzikir Asma ini akan dijernihkan hati serta disembuhkan dari penyakit yang sedang diderita. Insya Allah.


(36) AL ‘ALIYY

YANG MAHA TINGGI

Allah SWT Maha Tinggi, tak ada yang mengatasi.

“Dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang bathil, dan sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Al Hajj (22) : 62.”

YAA ‘ALIYY

Mereka yang dengan kerendahan hati, berulang-ulang menyebut Asma ini, akan ditingkatkan kecerdasan serta akan ditambah keyakinan diri mereka. Insya Allah.


(37) AL KABIIR

YANG MAHA BESAR

Allah SWT Yang Maha Besar, tidak dapat dikira-kirakan

“Dan tiadalah berguna syafa’at disisi Allah melainkan bagi orang yang telah diizinkan-Nya memperoleh syafa’at itu, sehingga apabila telah dihilangkan ketakutan dari hati mereka, mereka berkata : “Apakah yang telah difirmankan oleh Tuhanmu ? Mereka menjawab : “ (Perkataan) yang benar,” dan Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Saba (34) : 23.”

“Yang mengetahui semua yang gaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi. Ar Ra’du (13) : 9.”

YAA KABIIR

Atas izin allah SWT mereka yang berdzikir “Yaa Kabiir” sebanyak 100 kali setiap hari, akan mendapat penghormatan orang lain. Insya Allah.


(38) AL HAFIIZH

YANG MAHA PENJAGA

Allah SWT Maha Penjaga, tak sulit dan tidak berat bagi-Nya untuk menjaga dan memelihara langit dan bumi beserta isinya.

“Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemelihara segala sesuatu. Huud (11) : 57.”

YAA HAFIIZH

Mereka yang berdzikir “Yaa Hafiizh” sebanyak 16 kali setiap hari, atas izin Allah akan terlindung dari mara bahaya. Insya Allah.


(39) AL MUQIIT

YANG MAHA PEMELIHARA


Allah SWT Maha Memelihara makhluk-Nya, menjaga dan berkuasa.

“Barangsiapa yang memberi syafa’at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) daripadanya. Dan barangsiapa memberi syafa’at yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) daripadanya. Allah Maha Memelihara atas segala sesuatu. An Nisa (4) : 85”.

YAA MUQIIT

Asma ini mempunyai fadhilah memperbaiki sifat-sifat buruk dari anggota keluarga kita, serta dapat memperkuat pribadi kita sendiri. Insya Allah.


(40) AL HASIIB

YANG MAHA PEMBUAT PERHITUNGAN

Dia Yang Maha Mengetahui keadaan makhluk-makhluk-Nya, dan Maha Mencukupi segala keperluan hamba-hamba-Nya.

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan ini (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas tiap-tiap sesuatu. An Nisa (4) : 86.”

YAA HASIIB

Mereka yang berdzikir “Yaa Hasiib” setiap hari, insya Allah akan terhindar dari marabahaya serta dibebaskan dari rasa takut.























No comments: