Wednesday, June 25, 2014

Kelebihan dan Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Dilimpahkan Kebaikan di Dunia

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa surah al-Mulk mempunyai kelebihan tersendiri atas surah-surah lainnya dari Al-Quran dengan tujuh puluh kebaikan. Sedangkan riwayat yang lain pula mengatakan dengan empat puluh kebaikan, dan ada pula yang mengatakan dengan tiga puluh kebaikan.

Sedangkan kebaikan yang bakal didapati didunia, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang bermaksud: “Sungguh didalam Al-Quran aku dapati ada sebuah surah berisi tiga puluh ayat. Siapa yang membacanya pada saat ia akan tidur, maka dengan itu dituliskan baginya tiga puluh kebaikan, dihapus darinya tiga puluh kesalahan, diangkat untuknya sampai tiga puluh darjat, serta Allah SWT mengutus satu diantara malaikat agar menghamparkan sayap diatasnya, menjaganya dari gangguan segala sesuatu sampai ia terbangun dari tidur. Itulah surah yang memberikan jaminan, membela orang yang sentiasa membacanya kelak dialam kubur, yaitu surah Tabarak (al-Mulk)” (HR Dailami).

Pelindung dari Siksa Kubur

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud: Sesungguhnya ada satu surah dari Al-Quran berisi tiga puluh ayat yang dapat memberi bantuan bagi seseorang sehingga ia diampuni, yaitu surah al-Mulk(HR. Ahmad, Abu daud, An-Nasai, Ibn Majah dan Ibn Hibban).

Dari Ibnu Abbas katanya “Suatu ketika diantara para sahabat Rasulullah SAW ada yang memasang khemahnya di atas sebuah kubur. Tiba-tiba terdengar dari dalam kubur itu seseorang sedang membaca surah al-Mulk sampai akhir ayat. Kemudian ia datang memberitahu Rasulullah SAW katanya: “Ya Rasulullah, aku pasang khemahku disebuah tanah, sedangkan pada waktu itu aku tidak tahu bahwa itu adalah kuburan. Setelah aku bersandar, tiba-tiba dari dalam tanah tersebut aku mendengar seseorang membaca surah Tabarak (al-Mulk) sampai khatam.” Rasulullah SAW menjawab: “Itulah surah pendinding dan penyelamat yang akan menyelamatkannya dari siksa kubur” (HR Al-Hakim).

Hadith diatas memberi pengertian bahwa yang dimaksud dengan pendinding, yaitu pendinding dari siksa kubur atau dosa-dosa yang menyebabkan dikenakan siksa. Sedangkan yang dimaksud dengan penyelamat, yaitu menyelamatkan orang yang selalu membaca dan mengamalkannya dari siksa kubur.

Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata: “Jika mayat telah diletakkan dalam kuburnya, lalu didatangkan para malaikat dari arah kedua kakinya, kemudian ada suara menyeru: “Tidak ada jalan bagi kamu diatasnya, karena sebelumnya ia sentiasa membaca surah al-Mulk diatas tapak kakinya. Kemudian didatangkan lagi dari arah kepalanya, maka kata lidahnya: “Kamu tidak ada jalan diatasnya, karena ia selalu membaca surah al-Mulk dengan mempergunakanku.” Selanjutnya Abdullah bin Mas’ud berkata: “Inilah surah al-Mulk (kerajaan), siapa yang membacanya dimalam hari, maka ia telah memperindah dan memperbanyak berbuat baik.”

Dalam riwayat yang lain Abdullah bin Mas’ud berkata: “Bahwa jika seseorang itu telah mati, maka nyala api berkobar disekelilingnya, lalu api tersebut memakan apa saja yang ada disekitarnya jika ia tidak mempunyai amalan yang menghalang antara dirinya dengan api itu.

Ada seseorang yang mati, ia tidak pernah membaca Al-Quran selain satu surah berisi tiga puluh ayat, maka ia didatangi dari sisi kepalanya. Ayat tersebut membela dengan berkata “Ia dahulu membacaku”. Kemudian didatangi pula dari  arah kedua kakinya, ayat tersebut: “ia dahulu solat malam dengan membacaku serta mengamalkan isi kandunganku.” Kemudian ia di datangi dari depan dan belakang. Maka ayat tersebut membela dengan berkata: “Sungguh ia dahulu telah memperhatikanku, mengambil pelajaran dariku. Maka dengan al-Mulk itu telah menyelamatkan dari siksa kubur.”

Memperoleh kenikmatan Syurga

Diriwayatkan dari Anas bin Malik al-Anshari r.a. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang bermaksud: “Ada satu surah dari Al-Quran yang membela orang yang sentiasa mengamalkannya, sehingga ia dimasukkan ke dalam syurga (HR. Tabrani).

Rasulullah SAW juga pernah bersabda yang bermaksud: “Sesungguhnya didalam Al-Quran ada satu surah mengandungi tiga puluh ayat yang dapat memberi bantuan pada seseorang, sehingga ia diampuni oleh Allah SWT, yaitu surah Tabarak (al-Mulk) (HR. Ahmad, abu Daud, An-Nasai, Ibn Majah dan Ibn Hibban).

Sabdanya lagi yang bermaksud: “ Seseorang memasuki syurga dengan bantuan surah Al-Quran yang hanya berisi tiga puluh ayat saja, yaitu yang menyelamatkannya dari siksa kubur, yaitu surah Tabarak (al-Mulk)” (HR. Mardawaih).




No comments: